Yakin Hamil? Anda Wajib Tahu 5 Tanda-Tanda Ini

Yakin Hamil? Anda Wajib Tahu 5 Tanda-Tanda Ini

Setelah berhubungan dengan pasangan, apalagi tepat di masa subur, hal yang ditunggu selanjutnya tentu terlihatnya tanda-tanda kehamilan pada diri Anda. Tanda-tanda Anda sedang hamil beragam bentuknya, ada yang berupa perubahan fisik serta psikis. Nah, berikut ini adalah 5 perubahan yang terlihat kentara pada diri Anda, sebagai tanda pembuahan berhasil dilakukan.

  1. Timbulnya flek disertai dengan kram pada perut Anda

Dilansir dari WebMD.com, tanda pembuahan telah berhasil dilakukan salah satunya terlihat dari munculnya flek. Flek ini biasanya muncul pada hari ke 6 hingga ke 12 setelah pembuahan dilakukan. Jika warna darah menstruasi berwarna merah, flek cenderung berwarna merah muda atau bahkan merah tua. Saat Anda mengalami flek biasanya juga disertai dengan kram pada perut.

  1. Payudara Anda menjadi lebih kenyal dan terasa membengkak

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita setelah berhasilnya pembuahan, biasanya berdampak juga pada bagian payudara. Anda mungkin akan merasakan payudara Anda membengkak, terasa nyeri dan juga terasa lebih kenyal. Warna bagian areola pada puting juga akan lebih menggelap dibanding sebelumnya.

Rasa nyeri yang Anda rasakan pada payudara yang membengkak biasanya akan berkurang dalam beberapa minggu selanjutnya, seiring bertambahnya usia kandungan. Hal ini disebabkan karena tubuh sudah mulai terbiasa dengan terjadinya perubahan hormon. Jika nyerinya begitu tak tertahankan, Anda sebaiknya lansung berkonsultasi dokter untuk mencari solusi terbaiknya.

  1. Anda merasa lebih sering lelah dibanding biasanya

Tanda pembuahan berhasil selanjutnya adalah tubuh Anda akan dijangkiti rasa lelah, lebih dari yang biasanya Anda rasakan. Meningkatnya produksi hormon progesteron, rendahnya kandungan gula dalam darah serta tekanan darah yang cenderung rendah, merupakan penyebab utamanya. Solusi terbaiknya tentu saja perbanyak waktu istirahat dan perkaya asupan protein Anda.

  1. Anda mulai merasa mual terutama di pagi hari

Tanda yang satu ini mungkin sudah sering disebutkan, Anda merasakan morning sickness atau rasa mual di pagi hari. Perubahan hormon setelah terjadinya pembuahan, memicu Anda untuk merasakan mual. Rasa mual ini bisa terjadi kapan saja, namun yang paling sering biasanya pada pagi hari. Aroma makanan tertentu pun juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa mual tersebut.

  1. Frekuensi buang air kecil Anda menjadi meningkat

Sering buang air kecil setelah minum air terlalu banyak, merupakan suatu hal yang biasa. Namun bagaimana jika konsumsi air putih Anda normal seperti biasa? Wanita hamil cenderung sering buang air kecil, karena janin yang mulai berkembang pada rahim. Letak kandung kemih yang dalam posisi tertekan oleh rahim Anda, menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi meningkat.

Itulah tadi beberapa tanda pembuahan berhasil dilakukan. Perlu Anda ingat, tanda-tanda ini mungkin berbeda bagi masing-masing ibu hamil. Jika Anda ingin lebih yakin, Anda bisa melakukan konsultasi lansung secara online dengan dokter ahli, yang siap sedia menjawab pertanyaan Anda di Orami.co.id. Anda pun akan lebih nyaman dengan kondisi kehamilan saat ini.

Tags: