Tips Sukses Memulai Usaha Jual Beli Mobil Bekas 2019

Tips Sukses Memulai Usaha Jual Beli Mobil Bekas 2019

Jual beli mobil bekas mempunyai peluang yang cukup menjanjikan di Indonesia, tetapi sebagai seseorang yang baru mendirikan usaha perlu banyak referensi dan tips tentang hal tersebut. Membuka usaha sendiri menjadi alternatif yang baik untuk mendapat penghasilan sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.

Peluang bisnis mobil second mempunyai prospek bagus terutama di wilayah kota-kota besar yang mempunyai kebutuhan kendaraan tinggi. Hal ini berkaitan dengan adanya akses jalan tol yang terus dibangun dengan penawaran jarak tempuh yang lebih cepat. Harga mobil layak pakai yang  lebih hemat membuat banyak orang lebih memilih membeli mobil second.

Apabila anda tertarik untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas, berikut tips sukses menjalankan bisnis tersebut.

Showroom berlokasi strategis

Dalam jenis usaha apapun yang dipasarkan secara offline membutuhkan tempat usaha strategis. Meskipun anda juga berniat untuk mengiklankan produk lewat online, tetapi dalam usaha mobil setengah pakai ini tetap membutuhkan showroom.

Jual Beli Mobil Bekas 2019

Awal memulai bisnis, tidak harus membangun showroom mewah dan besar. perkirakan saja luas bangunan dengan space ruang yang anda butuhkan untuk menyimpan mobil-mobil tersebut. Poinnya, buat showroom yang cocok untuk memajang beragam koleksi mobil nantinya. Lokasi strategis yang perlu dipertimbangkan seperti pinggir jalan raya.

Menggali informasi dan mencari mobil populer

Anda perlu mengetahui tentang jenis mobil second yang banyak diminati pasar, sehingga berpotensi lebih cepat terjual kembali. Anda juga dapat menerapkan tips jitu lainnya yaitu memilih stok mobil dari merk yang difavoritkan oleh masyarakat. Tahun pembuatan kendaraan juga menjadi salah satu fokus para pembeli, jadi pastikan tidak terlampau lama.

Tahun pembelian mobil bekas biasanya menjadi pertimbangan customer dalam memilih teknologi mesin. Fokus lainnya adalah mengenai tampilan desain kendaraan roda empat tersebut, apakah sudah ketinggalan zaman atau belum. Apabila anda bisa menjual dengan strategi yang tepat, maka tentu tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan untung.

Usahakan tidak membeli mobil dari makelar

Sebaiknya anda membeli mobil dari penjual langsung daripada melalui jasa makelar. Hal ini akan berkaitan dengan besaran keuntungan yang anda terima. Ketika membeli dari makelar, anda tidak bisa leluasa melakukan pengecekan kendaraan second tersebut dan keuntungan akan terbagi dengan si makelar.

Namun, ketika membeli langsung dari pemilik mobil, anda dapat melakukan analisa kondisi mobil bekas terlebih dahulu dan menanyakan hal-hal penting lainnya. Dengan demikian, akan lebih mudah dan akurat dalam menentukan harga jual dan beli.

Poles kendaraan agar lebih menarik dan terlihat baru

Setelah berhasil mendapat harga termurah ketika membeli mobil bekas, anda bisa menuju bengkel untuk memastikan kondisi mesin & kinerjanya. Perbaikan lainnya yang bisa dilakukan adalah mengurangi cacat dan mempercantik warnanya. Setelah itu, anda bisa memasarkannya dengan harga lebih tinggi.

Surat-surat penting kendaraan

Tidak satupun pembeli ingin memiliki kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan surat. Mobil yang tidak ada surat-surat pentingnya bisa dikatakan barang ilegal. Sebagai pemilik bisnis, anda tentu tidak mau usaha yang sudah dibangun mendapat komentar dan nilai negatif dari customer. Jadi, pastikan terlebih dahulu kelengkapan dokumen kendaraan sebelum membawanya ke showroom.

Bukti legalnya suatu kendaraan didapat dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Selalu mematuhi peraturan dan hukum

Semua bisnis diatur dengan hukum tertentu, setiap pendiri usaha wajib menaati peraturan tersebut demi kebaikan bersama. Sebaiknya jangan mencoba melakukan cara-cara curang dalam bertransaksi karena pihak pembeli juga memiliki perlindungan hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di negeri ini.

Apabila konsumen memberikan testimoni buruk kepada orang-orang terdekat maupun kenalannya, maka akan mengancam kelangsungan bisnis anda. Promosi gratis yang berawal dari ketidakpuasan dalam transaksi jual beli mobil bekas akan menurunkan nilai usaha.

Dalam memulai usaha jual beli mobil setengah pakai perlu menerapkan hal-hal di atas. Ketelitian dalam membeli dan mengecek kendaraan untuk ditampilkan dalam etalase showroom menjadi kunci penting untuk meningkatkan penjualan. Anda juga dapat mengandalkan relasi dan jaringan pertemanan untuk memajukan usaha dan melakukan transaksi sebaik-baiknya.