Tips Mengukur Kebutuhan AC Untuk Ruangan Anda

Tips Mengukur Kebutuhan AC Untuk Ruangan Anda

Dalam penggunaan alat pendingin banyak orang yang menggunakan ac 1 pk untuk kebutuhan sehari – hari mereka. Pk adalah paard kracht yang digunakan untuk mengukur kapasitas ac itu sendiri. Ac tidak bisa sembarangan ditempatkan di tempat – tempat tertentu. Ac memiliki jangkauan sendiri – sendiri yang berbeda setiap jenisnya. Jenis – jenis ac akan mempengaruhi bagaimana ac tersebut dapat mendinginkan sebuah ruangan. Ac – ac yang banyak terdapat pada kalangan rumah akan berbeda dengan ac yang ada di kantor. Dan ac yang ada di kantor tentu akan berbeda pula dengan ac yang ada di pusat – pusat perbelanjaan ataupun tempat – tempat dengan kondisi yang luas.

Sebuah ac memiliki kapasitas sendiri – sendiri. Terdapat ac yang hanya akan mampu menghandle ruangan dengan ukuran kecil saja. Dan ada pula ac yang bisa menghandle ruangan besar. Penggunaan ac dapat disesuaikan dengan luas ruangan yang akan dipakai. Semakin besar kapasitas ac tersebut maka akan makin besar pula jangkauan dari ac tersebut. Jangkauan ac yang makin besar membuat kualitas suhu yang dihasilkan akan semakin maksimal. Dalam penerapannya sering kali orang – orang salah dalam mengukur kebutuhan ac untuk ruangan . Orang – orang awam jarang mengerti kapasitas – kapasitas tertentu dari ac. Banyak yang menganggap bahwa semua ac itu sama walau pada kenyataannya tiap ac memiliki kapasitas tersendiri yang dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Terdapat beberapa tips untuk mengukur kebutuhan ac di ruangan. Tips – tips ini akan sangat berguna bagi pemula yang baru ingin memasang ac di rumah atau di ruangan mereka. Tips – tips tersebut antara lain:

  1. Ukur ruangan yang akan dipasang ac

Ini adalah salah satu hal krusial yang harus di perhatikan. Luas ruangan sangat berpengaruh pada proses  pemilihan ac. Ac memiliki jangkauan tertentu sesuai dengan ruangan yang akan dipakai. Jangakauan tersebut berupa PK berapa yang akan digunakan. Terdapat beberapa kriteria sesuai dengan ruangan yang akan dipakai yaitu :

  • 1/2 PK untuk ukuran ruang 10 meter persegi
  • 3/4 PK untuk ukuran ruang 15 meter persegi
  • 1 PK untuk ukuran ruang 20 meter persegi
  • 1 ½ PK untuk ukuran 30 meter persegi
  • 2 PK untuk ukuran ruang 40 meter persegi

Ukuran – ukuran tersebut dapat berubah sesuai dengan ruangan yang ditempati. Kisaran dari kebutuhan PK tersebut dapat diukur dengan cara:

= Luas bagian dalam bangunan  X  500

Atau menggunakan

= lebar X panjang X 500

Maka akan terlihat berapa kebutuhan PK untuk ruangan tersebut.

  1. Pilih Ac dengan kualitas yang telah terpercaya

Setelah menentukan PK yang harus digunakan untuk mengisi ruang tersebut tips selanjutnya adalah memilih ac yang berkualitas. Cara memilih ac yang berkualitas bagi setiap orang berbeda. Kepercayaan seseorang akan brand – brand tertentu terkadang mengaburkan kualitas dari barang itu sendiri. Untuk memilih ac yang berkualitas adalah lihat dahulu fitur – fitur yang terdapat pada setiap brand. Pilih fitur yang hemat energy untuk menekan pengeluaran setiap bulan. fitur hemat energy ini biasanya di miliki oleh ac – ac dengan kisaran harga lebih tinggi.  Akan tetapi harga tinggi tersebut biasanya akan seimbang dengan pengeluaran yang akan dikeluarkan setiap bulan.

  1. Tentukan fitur yang sesuai

Pada setiap jenis ac tentu memiliki berbagai fitur yang berbeda. Fitur – fitur tersebut harus dengan jeli dilihat oleh calon pembeli agar tidak salah dalam menyesuaikan kebutuhan. Pilih lah fitur ac yang dibutuhkan untuk ruangan tersebut. Fitur – fitur itu yang nantinya akan memperngaruhi kinerja ac di ruangan.

  1. Sesuaikan dengan budget

Selain fitur – fitur lengkap dan hemat energy sesuaikan pula kebutuhan ac dengan dana yang dimiliki. Dana tersebut juga harus sesuai dengan kebutuhan ac yang diperlukan. Selain menyesuaikan dengan dana pastikan garansi ac yang dibeli telah jelas dan resmi. Garansi yang jelas dan resmi akan memudahkan jika suatu saat terjadi kerusakan. Kerusakan – kerusakan yang secara tidak sengaja terjadi dapat ditangani dengan baik karena garansi resmi.