Pentingnya Bendera Legal Dalam Merintis Usaha

Pentingnya Bendera Legal Dalam Merintis Usaha

Apa kamu pernah mendengar yang namanya CV? Apa kamu juga paham dengan apa yang dimaksud dengan CV? Jika memang belum maka akan dijelaskan pada kesempatan kali ini. CV atau Comandittare Venootschap ini bisa dipilih sebagai salah satu jenis dari perusahaan untuk kamu dirikan. Kenapa harus memilih untuk melakukan pendirian CV? Karena, CV ini bisa diandalkan untuk kamu yang ingin mendirikan perusahan tanpa adanya ketentuan modal seperti halnya jika kamu mendirikan perusahaan berjenis PT yang mengharuskan modal minimal dengan menempatkan modal beberapa persen untuk menjalankan usaha. Perlu kamu ketahui, walaupun modal untuk mendirikan perusahaan CV ini tidak ditentukan seperti PT tetapi dalam menjalankan usaha berjenis CV ini hanya bisa terletak pada satu kegiatan usaha saja tidak seperti PT yang bisa menjalankan berbagai macam usaha. Membahas mengenai CV, kamu perlu tahu beberapa karakteristik dari CV yaitu minimal didirikan oleh 2 orang, dari 2 orang pendiri ini ada 1 orang yang dijadikan sebagai pengurus yang aktif, untuk sisanya menjadi pengurus pasif. Perlu kamu ketahui, jika kamu merupakan seseorang yang menyandang posisi pengurus aktif atau bisa disebut sebagai Persero aktif ini  harus bisa melakukan seluruh tindakan yang ada di dalam perusahaan secara aktif. Di sini persero aktif ini harus bisa bertanggung jawab penuh untuk seluruh harta dalam perusahaan, sedangkan pada saat ada kerugian terjadi di perusahaan ini juga diurus oleh persero aktif. Lalu, bagaimanakah peran dari persero pasif atau pengurus pasif? Persero pasif ini hanya dijadikan sebagai penanggung jawab sesuai modal yang dia berikan untuk mendirikan perusahaan.

Jika kamu ingin mendirikan perusahan berbentuk CV ini, kamu perlu yang namanya bendera legal dalam merintis sebuah perusahaan karena hal tersebut sangatlah penting untuk bukti pengakuan oleh masyarakat dan pemerintah. Dan, untuk mendirikan bendera legal tersebut ada beberapa langkah yang perlu ditempuh dan akan dijelaskan sebagai berikut :

  1. Untuk mendirikan perusahaan berbentuk CV ini kamu harus menemukan partner lagi. Sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwasannya pendiri perusahaan berbasis CV ini minimal didirikan oleh 2 orang. Pendiri perusahaan berbentuk CV ini haruslah didirikan oleh WNI tidak boleh ada WNA.
  2. Setelah menemukan rekan sebagai pendiri, kamu bosa menggunakan jasa akta Notaris Indonesia untuk dapat mendirikan bendera legal perusahan berbentuk CV.
  3. Walaupun kamu sudah menemukan tempat untuk membuat akta dari Notaris, kamu perlu mempersiapkan hal-hal seperti calon nama CV, tempat wilayah pendirian CV, orang yang bertindak sebagai persero aktif dan sisanya sebagai persero pasif, dan tujuan dari mendirikan CV tersebut.
  4. Setelah mempersiapakan beberapa hal sebelum ke Notaris serta sudah mendapatkan tempat Notaris bahkan telah selesai mengurus akta CV dari Notaris, kamu bisa memperkuat pendirian CV kamu dengan melakukan SKDP dan NPWP terkait CV Perusahaan.
  5. Apakah dengan membuat NPWP dan SKDP itu sudah cukup? Melihat kebeutuhan dari pendirian CV tersebut. Kamu bisa mengurusi surat lain yaitu PKP, SIUP, dan tanda daftar perseroan.
  6. Setelah hal tersebut telah selesai semuanya, kamu bisa menjalankan bisnis perusahaan bersama rekan kerja kamu.

Setelah mengetahui sedikit langkah-langkah untuk mendirikan perusahaan berbentuk CV agar bisa mendapatkan bendera legal. Sebenarnya seberapa besar pentingnya bendera legal dalam mendirikan usaha? Karena, dengan adanya izin-izin dari mengurus dokumen tersebut ini bisa dijadikan bukti bahwasannya perusahaan berbentuk CV ini telah resmi untuk didirikan. Selain itu, dengan adanya bendera legal ini bisa membuat kamu mempromosikan usaha. Ada juga manfaat dari adanya bendera legal perusahaan yaitu penunjang pada saat mengembangkan sebuah usaha, dan mempermudahkan kamu dalam mengurusi proyek yang dipegang oleh CV kamu.

Begitulah singkat informasi bagaimana cara mendirikan bendera legal dalam mendirikan usaha berbentuk CV dan betapa pentingnya izin-izin dari pemerintah Indonesia sebagai bentuk bendera legal dalam merintis perusahaan yang akan kamu dirikan. Kamu bisa mengambil contoh langkah-langkah menegakkan pendirian perusahaan berbentuk CV agar bisa mendapatkan bendera legal.