Panduan Bantal Menyusui untuk Orang Tua

Panduan Bantal Menyusui untuk Orang Tua

Salah satu kewajiban seorang ibu yang baru saja melahirkan anak adalah menyusuinya. Dalam sehari, seorang ibu menyusui anaknya berkali-kali. Agar menyusui tetap nyaman, maka diperlukan bantal menyusui bayi. Kalian bisa mendapatkan bantal ini dengan mudah di toko-toko perlengkapan bayi.

Manfaat Bantal Menyusui

Bantal untuk menyusui beda dengan bantal bayi. Ada beberapa manfaat yang perlu diketahui tentang bantal ini:

  1. Bantal Kehamilan

Perlu diketahui, bantal ini ternyata juga berfungsi sebagai bantal kehamilan. Jadi, ibu hamil juga bisa menggunakannya saat duduk atau tidur.

  1. Mencegah Nyeri

Menyusui terlalu lama atau terlalu sering bisa menyebabkan nyeri khususnya pada bahu, leher dan punggung. Bantal ini membantu anda tetap nyaman sehingga tidak nyeri.

  1. Memperbaiki Posisi Perlekatan

Bantal ini membantu ibu memegang bayi saat menyusui dengan baik sehingga kenyamanan tetap terjaga.

  1. Menghindari Gumoh

Bayi baru lahir sering mengalami gumoh setelah menyusu karena banyak menghisap udara ketika menyusu. Bantal ini membantu meminimalisir terjadinya gumoh.

  1. Bantal Menyusui Pasca Caesar

Bagi ibu hamil yang melahirkan dengan operasi caesar, bantal ini sangat bermanfaat untuk memberikan kenyamanan pada perut saat menyusui.

  1. Bantal Bayi Saat Tumbuh Besar

Setelah bayi tumbuh semakin besar, seorang ibu mungkin sudah tidak membutuhkannya lagi. Namun, bantal ini bisa digunakan untuk bayi yang sudah tumbuh besar.

Jenis-jenis Bantal Menyusui

Ada berbagai jenis bantal menyusui yang bisa kalian beli. Namun sebaiknya, kenali dulu jenis-jenisnya berikut ini:

  1. Bantal Menyusui Klasik

Bantal ini berbentuk C & melilit pinggang sang ibu. Jenis ini adalah yang pertama kali populer. Agar tetap bersih, kalian bisa memasang sprei bantal yang gampang dicuci. Bantal ini juga bisa digunakan bayi untuk duduk atau tummy time.

  1. Bantal Menyusui Perekat

Bantal ini menempel di pinggang ibu sehingga ada ruang di punggung bawah ibu. Permukaannya rata & lebar membuat kalian akan nyaman menggunakannya. Bantal ini juga mempunyai saku samping untuk menaruh perlengkapan bayi.

  1. Bantal Menyusui Tipe U

Seperti namanya, bantal ini berbentuk seperti huruf U atau bulan sabit. Bantal ini termasuk paling populer karena membuat posisi lengan ibu nyaman dan tidak pegal-pegal.

  1. Bantal Menyusui Kembar

Untuk kalian yang memiliki bayi kembar, ada bantal menyusui bayi yang memang didesain khusus untuk kalian yaitu bantal menyusui kembar. Cukup dengan 1 bantal ini kalian bisa menyusui kedua bayi anda secara bersamaan.

  1. Bantal Menyusui Firm

Bahan yang digunakan berupa busa padat yang membuat posisi bayi kokoh & tinggi. Bantal ini sangat bermanfaat untuk mendukung perlekatan menyusui yang ideal.

  1. Bantal Menyusui Perjalanan

Kalian bisa tetap menyusui dengan nyaman meski sedang dalam perjalanan, dengan mengunakan bantal ini.

Cara Memakai Bantal Menyusui

Setelah membeli bantal menyusui, kalian harus tahu cara memakainya yang benar. Pertama, kalian harus memasangnya dulu. Untuk memasangnya, kalian harus menyesuaikan dengan jenis bantalnya karena setiap jenis bantal di atas memiliki cara pasang yang berbeda-beda. Setelah itu, yang perlu kalian lakukan adalah mengatur posisinya. Di sini, kalian harus mengatur ketinggian bantal agar menemukan posisi yang pas untuk bayi. Dengan begitu, baik ibu dan bayi akan sama-sama nyaman. Sebelum mulai menyusui, mungkin ada baiknya kalian menguji coba posisi menyusui terlebih dahulu untuk memastikan kenyamanannya.