Mengenal Lebih Dekat VSAT, Alat Canggih Modern Kekinian

Mengenal Lebih Dekat VSAT, Alat Canggih Modern Kekinian

VSAT adalah singkatan dari Very Small Aparature Terminal. Atau, dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai terminal atau tempat penampungan sinyal yang memiliki bentuk yang kecil. Jika lewat istilah tersebut Anda masih belum paham, cobalah Anda bayangkan bentuk dari parabola yang sering dipasang di rumah. VSAT memiliki bentuk yang hampir sama dengan parabola. Alat ini berfungsi untuk menangkap dan menampung sinyal-sinyal yang berasal dari satelit di bumi. Kemudian, alat ini juga bertugas mengirimkan sinyal data ke satelit yang terpasang mengelilingi bumi.

Lokasi Pemasangan VSAT

Meski bentuknya dikatakan mirip seperti parabola, agaknya VSAT dan parabola berbeda jika dilihat dari tempat pemasangannya. Parabola yang sering Anda lihat biasanya dipasang di atas rumah, sedangkan VSAT dipasang di orbit bumi atau istilah kerennya luar angkasa. Karena tugas utamanya adalah menangkap dan menerima sinyal dari satelit, itulah alasan utama mengapa pada saat memasang VSAT, ia harus benar-benar menghadap ke satelit yang diikutinya. Tak hanya itu saja, pemasangannya harus benar-benar baik dan tidak dapat dipindah dari orbit satu ke orbit yang lain karena kerja VSAT akan mengikuti arah bumi yang mengelilingi matahari (rotasi bumi).

Tujuan Pemasangan VSAT

Jika tadi Anda sudah tahu pengertian dari VSAT, mungkin banyak dari Anda yang masih bertanya-tanya apa tujuan dari pemasangan VSAT ini. Ya, di zaman modern ini memang banyak alat-alat canggih dipasang dengan tujuan untuk memudahkan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Begitupun dengan VSAT, alat canggih satu ini tentunya dipasang bukan tanpa alasan. Tujuan pemasangan VSAT adalah untuk memberikan pelayanan berupa akses data dengan mudah dan cepat. Dengan tuntutan zaman yang mengharuskan seseorang serba online, maka VSAT diciptakan sebagai solusinya. Tugasnya yang dapat mengirim dan menerima sinyal dari satelit membuatnya bisa dengan mudah membantu Anda mengakses data dalam hitungan detik.

Kelebihan VSAT

VSAT adalah alat canggih yang difungsikan untuk dapat membantu Anda mengoneksikan data dengan cepat dan mudah. Itulah salah satu alasan mengapa VSAT banyak digunakan di zaman globalisasi. Bisa dibilang itulah salah satu kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan yang dimiliki oleh VSAT adalah alat ini memiliki jangkauan yang begitu jauh. Bahkan dapat dikatakan bahwa jangkauan sinyalnya melebihi separuh ukuran bumi. Hal itu disebabkan karena ia dapat menangkap sinyal langsung dari orbit bumi. Jadi, jangan heran jika VSAT dapat membantu Anda online dengan cepat karena jangkauan yang dimilikinya juga sangat luas.

Kekurangan VSAT

Yang namanya produk buatan manusia, secanggih apapun sebuah alat tetaplah memiliki kekurangan. Kekurangan dari VSAT salah satunya adalah tidak tahan terhadap air. Misalkan, pada musim hujan. Bukankah pada musim ini kerap kali hujan datang mengguyur. Nah dengan derasnya hujan yang turun bisa mempengaruhi kerja dari VSAT. Pada saat cuaca memburuk, VSAT akan kesulitan menangkap sinyal. Itulah mengapa pada saat hujan datang, aktivitas online Anda sering lola alias loading lambat. Satu lagi kekurangannya, yaitu masalah pemasangan antenna. Jika Anda menghendaki sinyal VSAT kuat, Anda harus mau dibuat ribet. Sinyal VSAT akan semakin cepat jika Anda memasang antenna dalam jumlah yang banyak dibeberapa tempat. Dengan adanya banyak antenna, akan membuat sinyal VSAT akan semakin bagus untuk mengakses data.

Itulah tadi sekilas tentang pengertian, tujuan, kelebihan dan kekurangan dari VSAT. Jika Anda mengaku masyarakat zaman now, jangan sampai Anda masih tampak bingung ketika mendengar istilah VSAT karena alat canggih ini adalah alat yang wajib diketahui oleh orang-orang zaman sekarang yang memiliki kebiasaan suka online. Jadi, Katakan “I know” pada saat orang menyebut VSAT!

Tags: