BMW MENCOBA MENGULANG KESUKSESAN DENGAN BMW NEW X1

BMW MENCOBA MENGULANG KESUKSESAN DENGAN BMW NEW X1

Sukses menembus angka penjualan lebih dari 700 unit sejak dikenalkan pada Juli 2010 silam membuat BMW Group Indonesia kembali menawarkan BMW X1 dengan sedikit penyegaran. Harapannya tentu untuk mengulang kesuksesan generasi terdahulu. Cukup membingungkan positioning dari New BMW X1. Dimensinya tidak sebesar keluarga BMW X-series lainnya, namun tetap berkaki jenjang dengan ground clearance yang cukup tinggi layaknya Sport Activity Vehicle (SAV) lain produksi pabrikan Jerman itu. New BMW X1 juga bukan compact hatchback premium seperti 1-Series. Menariknya New BMW X1 punya bagasi yang tak kalah lapang dibanding 1-series maupun sedan-sedan BMW.

Tapi inilah uniknya BMW, berpusat di Munich, produsen mobil mewah ini selalu saja menciptakan pasar tersendiri. Karenanya di saat banyak kompetitor memperdebatkan soal positioning New BMW X1, sudah ratusan unit mobil ini lalu lalang di seantero Nusantara, bahkan di dunia penjualannya mencapai 300.000 unit. Kini lewat generasi terbarunya BMW New X1 sDrive 18i, BMW melakukan sedikit perubahan baik di dalam maupun bagian luar mobil.

Bila pada BMW X1 yang masuk ke Indonesia dua tahun lalu, mungkin banyak yang menyebut desainnya agak nanggung. Tapi pada versi teranyarnya ini, semua diubah agar New BMW X1 tampil makin elegan, mewah, dan berwibawa. Sentuhan ubahannya memang tidak banyak, tapi sudah lebih dari cukup mendongkrak aura premium dari New BMW X1. Lihat saja desain headlamp dengan corona light yang baru, kidney grille khas BMW yang kini berkelir silver dengan rounding crome bukan lagi hitam, new front bumper yang dibentuk ulang sehingga lebih terlihat mewah, new rear bumper, hingga pilihan velg baru berukuran 18 inci dengan Y-Spoke Design yang sangat elegan.

Layaknya Seri 5 terbaru maupun Seri 7 baru, ketika tombol start/stop engine ditekan, maka corona lamp akan menyala sebagai Daytime Running Light (DRL). Sorot cahayanya yang tajam berpadu desain front facia yang makin elegan tentu cukup mengundang perhatian siapa saja yang melihatnya ketika melintas di jalan-jalan Ibukota. Di bagian dalam, BMW New X1 sDrive 18i menawarkan nuansa warna cokelat dan hitam. Jok bagian depan dan belakang dilapis bahan kulit dengan warna cokelat tua. Pun demikian dengan sebagian aksen pada doortrim dan dashboard. Untuk tetap mempertahakan cita rasa premium dibubuhkan juga wood panel pada beberapa sisi dashboard seperti BMW X1 terdahulu, hanya saja coraknya lebih natural. Sementara bagian lain termasuk lingkar kemudi tetap dibiarkan menggunakan kelir hitam.

Dengan Harga BMW X1 yang dibandrol Rp. 669 Juta Rupiah, BMW Tetap mempertahankan mesin 1.995 cc 4 silinder brteknologi Valvetronic dan Double VANOS, tentunya membuat BMW New X1 sDrive 18i masih memproduksi daya yang sama yakni 150 hp dengan torsi puncak 200 Nm di 3.600 rpm. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim 10.4 detik dengan top speed 200 kpj. Sepintas memang orang lain bisa menganggap BMW New X1 sDrive 18i ini tak ada bedanya dengan si pendahulu. Tapi boleh percaya boleh tidak ketika ada dibalik kemudi keluarga X-Series terkecil ini, sensasinya agak berbeda. Tingkat responsifitas akselerasinya membaik dengan handling yang juga makin driver oriented.

Mencoba pada kondisi stop and go ditengah kemacetan Jakarta, cukup posisikan tuas transmisi di “D” dan mobil bisa berakselerasi dengan cukup gesit. Pada posisi “D” ini mobil juga masih mumpuni untuk dipacu hingga lewat 80 km/jam. i memang jika butuh akselerasi yang lebih galak perlu menggunakan sistem transmisi Triptonic atau posisikan tuas di “DS”.