Desain Vektor Wajah ala Profesional

6 Tips membuat Desain Vektor Wajah ala Profesional

Menggambar desain vektor wajah saat ini semakin popular. Tentu saja, ini menjadi pekerjaan yang menarik bagi kalian yang suka akan seni menggambar. Vektor sendiri bisa diartikan menggambar karikatur atau kartun. Menggambar vektor bisa dilakukan dengan peralatan manual maupun cara yang lebih canggih yaitu menggunakan software komputer. Karena sedang nge-trend, maka sangat penting untuk bisa menggambar vektor layaknya profesional.

Trik-trik Penting Membuat Desain Vektor Wajah

Setidaknya, ada 6 tips yang harus kalian perhatikan jika ingin bisa menggambar vektor dengan hasil yang sempurna layaknya seorang profesional.

  1. Gunakan Insting Seni

Salah satu tips yang diberikan oleh pelukis terkenal dunia, Pablo Picasso, ialah selalu gunakan seni saat melukis. Tips ini bisa juga digunakan dalam menggambar vektor. Dengan begitu, gambar vektormu bisa bernilai seni yang tinggi. Caranya adalah dengan menciptakan nuansa baru, menarik dan unik. Untuk mencapai itu semua, gunakanlah naluri kalian masing-masing dalam menggambar.

  1. Tetap Sederhana

Kerumitan tidak menjamin nilai seni. Bahkan, saat ini banyak gambar vektor yang dibuat sederhana namun justru hasilnya lebih menarik daripada gambar vektor yang terlihat rumit. Namun, kesederhanaan bukan berarti kalian hanya menggambar ala kadarnya. Namun, kalian harus menggambar ala profesional. Dengan tetap menjaga kesederhanaan, kalian bisa membuat gambar vektor yang menarik dengan unsur-unsur lain. Misalnya adalah dengan bentuknya yang unik, warna yang colorful, finishing yang keren, dll.

  1. Coba Efek Posterize

Menggambar vektor tak bisa lepas dari menggambar kulit. Dalam menggambar kulit, cobalah efek posterize. Cara ini sangat mudah dilakukan dengan menggunakan Adobe Photoshop yaitu masuk ke menu Image, lalu Adjustment lalu Posterize. Efek posterize ini juga sering disebut dengan istilah efek panu-panu. Siapapun yang ingin menggambar vektor harus bisa melakukan teknik ini karena memang sangat populer. Hasilnya pun bisa kalian lihat sendiri, sangat mengagumkan.

  1. Gunakan Outline yang Tegas

Jika garis yang halus sering digunakan dalam lukisan pada umumnya, lain halnya dengan gambar vektor. Di sini, garis tegas justru menjadi suatu keharusan untuk membuat outline. Gambar vektor tanpa outline yang tebal serasa kurang enak dilihat. Di sisi lain, gambar vektor dengan outline yang tebal jelas terlihat lebih mantap. Jadi, kalian harus sering-sering belajar membuat gambar vektor dengan garis outline yang tegas. Pelukis-pelukis profesional selalu menggunakan teknik ini dalam menggambar vektor.

  1. Sabar

Sesuatu yang dilakukan dengan tergesa-gesa hasilnya tidak akan maksimal. Untuk itu, kalian membutuhkan kesabaran ekstra dalam menggambar vektor. Kuncinya adalah pada ketelatenan. Menggambar vektor memang membutuhkan detail-detail yang banyak. Jadi, mungkin akan terjadi beberapa kesalahan saat menggambar. Jika ini terjadi, jangan ragu untuk mengulanginya atau membenarkannya agar hasilnya memuaskan. Faktanya, desainer profesional selalu menggambar dengan sabar. Jika suasana hati sedang kacau, maka sebaiknya berhenti dulu menggambar vektor.

  1. Finishing

Tahap akhir dalam menggambar vektor adalah finishing. Finishing sangatlah vital agar hasil karya kita terlihat sempurna. Di sini, kalian harus mau melakukan beberapa perbaikan jika memang gambar vektor yang kalian buat dirasa masih banyak kekurangannya. Biasanya, finishing yang perlu diperhatikan lebih adalah pada bagian-bagian tertentu seperti rambut. Meski ini terlihat ringan, namun di sini ketelitian kalian sangat dibutuhkan.

Software-software untuk Menggambar Desain Vektor Wajah

Jika kalian ingin menekuni dunia menggambar, maka kalian bisa fokus pada menggambar vektor, khususnya bagian wajah. Namun, ini semua tidaklah mudah karena kalian harus menguasai software-software yang sering digunakan oleh desainer profesional. Tentu saja, yang paling populer adalah Adobe Photoshop. Namun, ada juga alternatif lain yang juga sering digunakan. Beberapa diantaranya adalah seperti CorelDraw, Illustrator, Gimp, InkScape, Paint, dan lain sebagainya. Mungkin, kalian harus memiliki semua software-software tersebut di komputermu.

Semakin banyaknya vektor lovers, menggambar vektor pun semakin diminati. Agar tak ketinggalan zaman, kalian juga harus bisa membuat desain vektor wajah. Kalian bisa mencoba mulai dari wajah sendiri, keluarga dan teman-teman.